Warning: Undefined array key "options" in /home/u1822599/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/theme-builder/widgets/site-logo.php on line 194
Pencegahan Demam Berdarah Untuk Si Kecil - Bebe Roosie - Minyak Telon

Pencegahan Demam Berdarah Untuk Si Kecil

Bagaimana cara mengatasi penyakit demam berdarah dan apa obat demam berdarah untuk anak? Penyakit demam berdarah yang terjadi di Indonesia. Kasus dari penyakit ini bukan menyusut justru semakin meningkat. Pemilihan obat yang salah dapat menambah masalah tentang penyakit ini.

Parahnya lagi, Indonesia pada dikatakan tertinggal jika dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini terjadi karena masih lebih banyak masyarakat yang buta dalam upaya menangkal demam berdarah dengue (DBD). Tingkat kesiapan menghadapi penyakit ini pun tergolong rendah.  Karena itu, dibutuhkan kerjasama semua pihak tanpa terkecuali supaya angka kejadian DBD bisa ditekan.

Gejala lain dari penyakit demam berdarah yang mungkin ditunjukkan oleh anak anda ketika mulai terserang penyakit demam berdarah adalah :

  • Muncul bintik-bintik atau bercak perdarahan di kulit anak anda.
  • Jika penyakit anak sudah berat akan mulai muncul pendarahan dari hidung, mulut, dubur, dan sebagainya.
  • Ketika anak mulai syok, pingsan, keluar keringat dingin, ada baiknya anda langsung mencari pertolongan karena pada kondisi ini anak sering tidak dapat tertolong lagi.
  • Sakit kepala, mual, atau nyeri yang dirasakan pada ulu hati.
  • Badan lemah tak berdaya.

Masalahnya, banyak orang tua yang melakukan pengobatan sendiri dengan memberikan anak mereka obat demam berdarah untuk anak yang dijual bebas untuk meredakan demam tanpa mengetahui kandungan obat dan indikasi kontra dari obat tersebut. Dr. Hindra juga menyarankan orangtua agar berhati-hati dalam memberikan obat yang dijual bebas untuk meredakan demam-baik karena demam dengue, demam berdarah dengue ataupun demam biasa kepada anak-anak. Obat penurun demam, selain berkhasiat  juga harus aman atau tidak menimbulkan efek samping bagi penderita.

Penanganan Demam Pada Anak Penderita Demam Berdarah

Penanganan demam pada anak saat wabah dengue harus ditandai dengan hati-hati, dan harus segera dibawa ke dokter jika terjadi perburukan kondisi kesehatan anak. Pada kasus dengue, demam sebaiknya ditangani dengan obat demam berdarah untuk anak yaitu obat anti demam yang aman dan kompres hangat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan obat pilihan pertama untuk menurunkan demam pada dengue adalah parasetamol. Hal ini harus diikuti dengan asupan cairan yang cukup,seperti oralit, larutan gula garam, jus buah, susu dan sayuran.

Obat anti demam golongan ibuprofen tidak dianjurkan diberikan kepada penderita demam dengue karena dapat menyebabkan jumlah trombosit turun dan merangsang lambung. Obat anti demam golongan asetosal (asam asetilsalisilik) juga tidak dianjurkan lantaran diduga berhubungan dengan sindrom reye yang bisa mengakibatkan anak pingsan dan mengalami gangguan  fungsi hati, serta dapat menyebabkan perdarahan lambung. Penggunaan obat demam berdarah untuk anak anda yang tidak sesuai justru akan memperburuk penyakit DBD yang diderita oleh anak anda.

Pada umumnya penyakit demam berdarah ini terjadi secara tidak kasat mata, sering juga penyakit ini dianggap sebagai tifus atau flu. Kesalahan yang terjadi pada diagnosis dapat berakibat fatal. Oleh sebab itulah banyak anak yang meninggal akibat dari penyakit ini. Obat demam berdarah untuk anak yang paling awal dapat anda berikan adalah dengan memberinya perawatan lebih.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

  1. Bersihkan sarang  nyamuk. Cara yang paling tepat untuk membersihkan sarang nyamuk adalah dengan menguras bak mandi agar jangan sampai menjadi tempat bertelurnya nyamuk, tutup rapat semua tempat yang mungkin anda gunakan untuk menampung air, dan bersihkan tempat-tempat yang memungkinkan dapat digenangi oleh air,  baik di dalam maupun di luar rumah (misalnya seperti bekas ban mobil, pecahan gelas, dan bagian belakang lemari es).
  2. Lakukan abatisasi. Abatisasi yakni dengan menaruh bubuk abate di bak mandi yang sering anda gunakan untuk mandi atau bak yang mungkin anda gunakan sebagai penampungan air, agar tidak menjadi sarang nyamuk.
  3. Membunuh nyamuk dewasa. Untuk membunuh nyamuk yang mungkin sudah menjadi dewasa, lakukan penyemprotan dengan asap (fogging), misalnya di kebun dan pojok-pojok rumah anda
  4. Menggunakan produk anti nyamuk untuk anak yang aman yaitu Bugs Repellent Bebe Roosie. Bugs Repellent Bebe Roosie aman digunakan untuk anak-anak dan juga bayi yang baru lahir karena dibuat dari bahan-bahan alami natural berkualitas yang aman dan juga sudah tersertifikasi bebas dari DEET.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di: