Warning: Undefined array key "options" in /home/u1822599/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/theme-builder/widgets/site-logo.php on line 194
Buat Bunda Hati-hati, Jangan Sembarangan Oles Minyak Telon untuk Anak Kecil - Bebe Roosie - Minyak Telon

Buat Bunda Hati-hati, Jangan Sembarangan Oles Minyak Telon untuk Anak Kecil

Minyak telon memang bagus untuk tubuh serta mampu mengatasi tubuh kedinginan pada si kecil yang dapat menyebabkan masuk angin. Selain dapat menghangatkan tubuh si kecil, minyak telo memang identik dengan aroma bayi atau anak kecil.

Dikutip dari pernyataan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Arini Widodo menyatakan bahwa hampir seluruh orang tua di Indonesia sering membalurkan minyak telon untuk anak kecil setelah selesai mandi karena berkeyakinan tindakan itu dapat menghangatkan tubuh serta memberikan efek kenyamanan.

Memang bagus membalurkan minyak telon untuk anak kecil terutama mengoleskan pada permukaan tubuh seperti perut dan punggung, namun tetap harus hati-hati, jangan sampai mengoleskan minyak telon untuk si kecil yang baru lahir karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

“Sebenarnya ini tidak direkomendasikan terutama bayi baru lahir apalagi karena kulitnya lebih tipis. Minyak telon bisa mengiritasi kulit karena mengandung campuran berbagai minyak,” ungkap Arini dikutip dari laman Antara News.

Arini kembali menjelaskan bahwa efek hangat yang ditimbulkan setelah anak kecil diberikan minyak telon biasanya karena inflamasi ringan yang menyebabkan efek hangat pada tubuh. Akan tetapi rasa hangat ini hanya bertahan sementara saja.

Maka mengoleskan minyak telon hanya dianjurkan setelah si kecil memasuki umur beberapa bulan, bukan yang baru lahir. Karena dapat menyebabkan iritasi bahkan bisa membuat seperti kemerah-merahan. Tentunya keadaan itu menuntut para bunda untuk menyesuaikan umur si kecil agar penggunaan minyak telon dapat aman dan tidak menyebabkan efek samping.

Selain menyesuaikan umur si kecil penggunaan minyak telon juga harus memilih produk yang mempunyai kandungan aman. Alasannya di samping dapat digunakan secara berulang-ulang tentunya juga tidak membahayakan kulit si kecil itu sendiri. Bayangkan jika minyak telon yang sudah dibeli mengandung bahan yang berbahaya, maka efek samping selain kulit si kecil iritasi dapat menimbulkan efek lain.

Nah tips memilih minyak telon untuk si kecil ada dibawah ini, di antaranya:

  1. Mencari produk yang sudah berlabel otoritas pemerintah. Label itu sangat penting dan menandakan bahwa produk aman untuk digunakan.
  2. Baca indikasi pada produk, bahwa produk boleh digunakan pada umur berapa sampai berapa. Jangan sampai salah pilih.
  3. Jangan tergiur harga murah, biasanya minyak telon yang notabene tidak berlabel harganya cukup murah. Di samping tidak berlabel kadang tidak menyertakan komposisi produk yang telah dibuat. Bunda juga dapat hati-hati, jangan sampai tergiur.

Manfaat Minyak Telon untuk Anak

Setelah mengetahui penjelasan akan minyak telon, mari para bunda ketahui manfaat minyak telon untuk anak. Ada beberapa di antaranya:

Menghangatkan badan

Menjaga suhu tubuh si kecil memang penting. Pasalnya, jika anak kecil kedinginan atau menggigil setelah mandi biasanya rentan terkena masuk angin. Selain menghangatkannya dengan selimut, kaos tangan, dan kaos kaki. Maka sebagai tambahan bunda dapat mengoleskan minyak telon agar tubuh si kecil tetap hangat dan tidak akan merasakan kedinginan bahkan sampai menggigil.

Menghindarkan dari gigitan serangga

Wangi khas dari minyak telon dapat menghindarkan serangga dari si kecil, sehingga semut dan nyamuk tidak akan mendekati si kecil.

Meredakan gatal akibat gigitan serangga

Terkadang si kecil yang suka bermain di tanah dan rumput seringkali digigit serangga, sehingga kulit yang halus dan cenderung tipis sangat mudah terkena rasa gatal dan merah-merah pada permukaan kulitnya. Maka dengan dioleskan minyak telon, rasa gatal dan merah-merah pada permukaan kulit akan mereda.

Nah itulah penjelasan seputar minyak telon pada anak. Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman para bunda terhadap pemilihan dan manfaat minyak telon untuk anak. 

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di: