Warning: Undefined array key "options" in /home/u1822599/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/theme-builder/widgets/site-logo.php on line 194
Si Kecil Mulai Kecanduan Gadget? Ini Solusinya Moms!

Si Kecil Mulai Kecanduan Gadget? Ini Solusinya Moms!

Gadget adalah istilah khusus dari perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus, gadget terdiri dari berbagai macam jenis seperti Handphone (HP), Laptop, Tablet dan Ipad. Tidak bisa dipungkiri saat ini gadget adalah salah satu bagian yang tidak dapat terpisah dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya orang dewasa namun anak-anak juga tidak terlepas dari gadget

Tidak sepenuhnya buruk gadget juga mempunyai dampak positif pada anak. Dilansir dari popmama.com gadget beberapa dampak positif bagi anak seperti merangsang kemampuan anak berpikir kreatif, melatih cara anak berpikir anak menjadi lebih kritis, merangsang kemampuan motorik anak, anak lebih pintar dalam memilih berbagai informasi dan kemudahan untuk komunikasi dengan orang tua.

Walaupun gadget mempunyai dampak positif namun orang tua harus memperhatikan batasan durasi penggunaan gadget pada anak, agar anak tidak kecanduan gadget. Karena apabila anak sudah kecanduan gadget maka akan berdampak pada kesehatan anak. Dilansir dari halodoc bahaya kecanduan gadget terhadap kesehatan anak antara lain Obesitas karena anak kurang bergerak , anak-anak menjadi kurang tidur dan Terjadinya gangguan pada mata seperti mata lelah, kering dan gangguan penglihatan.

Namun tidak perlu khawatir orang tua bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi anak kecanduan gadget seperti :

  • Batasi penggunaan gadget dengan menerapkan jadwal. 

Orang tua bisa membatasi penggunaan gadget pada anak dengan menerapkan jadwal sesuai umur anak dengan pedoman dari American Academy of Pediatrics (AAP) tentang screen time seperti berikut ini:

    • Anak usia 18 bulan tidak direkomendasikan untuk terpapar gadget dan media kecuali video chatting
    • Anak-anak usia lebih dari 2 tahun perlu didampingi orang tua ketika menonton tv dan bermain gadget dengan durasi tidak lebih dari 1 jam sehari.
    • Anak usia 3 – 4 tahun batasi waktu penggunaan kurang dari 2 jam dan didampingi orang tua.
  • Menerapkan wilayah bebas penggunaan gadget

Batas wilayah bebas pengunaan bisa diterapkan pada tempat-tempat tertentu seperti ruang keluarga, ruang makan dan ruang tidur. tidak hanya anak-anak yang harus menaati peraturan tersebut namun orang tua juga harus memberikan contoh, karena anak meniru perbuatan orang tua.

  • Batasi akses penggunaan gadget pada anak

Jangan biarkan anak mengakses semua fitur dan menu yang ada di dalam gadget. gunakan aplikasi yang ramah anak dan pilihlah jenis game yang aman dan edukatif.

  • Ajak anak beraktivitas di luar rumah

Main di taman dan jalan-jalan santai merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak. saat beraktivitas di luar rumah disarankan untuk tidak membawa gadget karena membawa gadget dapat mempengaruhi fokus anak saat bermain di luar. Orang tua juga perlu waspada terhadap gangguan nyamuk dan serangga yang ada di luar rumah. Namun jangan khawatir gangguan tersebut bisa diatasi dengan produk andalan bebe roosie yaitu Bebe Roosie Bugs Repellent dengan wangi lavender yang tidak disukai nyamuk. Sebelum beraktivitas di luar rumah oles Bebe Roosie Bugs Repellent pada tubuh anak dan bawa Bebe Roosie Bugs Repellent menemani keluar rumah untuk pengolesan berulang. Bebe Roosie Bugs Repellent siap temani anak bermain di luar tanpa gadget dan tanpa gangguan nyamuk atau serangga.

Ditulis oleh: Dyah Mulyasari 2022

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di: