fbpx

Perkuat Bonding Ayah dengan Si Kecil melalui 5 Kegiatan Ini!

Pergi pagi hari ketika si kecil belum bangun, kemudian pulang malam hari saat si kecil sudah terlelap. Padatnya aktivitas pekerjaan sering kali membuat Ayah kehilangan waktu bersama si kecil. Ikatan batin antara Ayah dan si kecil semakin berkurang, karena tidak ada quality time bersama. Akan tetapi tidak perlu khawatir, banyak cara yang bisa dilakukan Ayah untuk memperbaikinya.

Adanya tanggung jawab mengurus anak dan pekerjaan di waktu yang bersamaan memang tidak mudah, bahkan sangat melelahkan. Sehingga, terkadang Ayah harus mengorbankan momen kebersamaan dengan si kecil untuk mengurus pekerjaan.

Agar semua dapat berjalan beriringan, maka Ayah pintar harus mengatur waktu dan prioritas sehingga quality time dengan si kecil tidak terganggu meskipun sedang sibuk. Terdapat banyak cara yang bisa Ayah lakukan untuk bonding dengan si kecil di sela-sela kesibukannya.

  1. Memandikan si kecil
    Pagi hari sebelum berangkat ke kantor, Ayah dapat bertugas memandikan si kecil. Ketika memandikan si kecil, lakukan sambil mengajak bicara dan menatap matanya ya. Adanya sentuhan, tatapan dan suara dari Ayah selama memandikan si kecil akan membuat bonding semakin kuat.
  2. Memijat bayi
    Selesai memandikan si kecil, Ayah bisa lanjut dengan memberikan pijatan-pijatan lembut. Si kecil akan merespon setiap sentuhan yang diberikan kepadanya. Beri pijatan lembut pada lengan, kaki, perut dan leher si kecil selama 10 menit. Pijatan yang dilakukan akan membuat si kecil merasa tenang, senang dan nyaman berada di dekat Ayah.
  3. Menjadi bagian dari waktu tidurnya
    Sebisa mungkin hindari lembur di kantor, agar Ayah memiliki waktu menemani si kecil sebelum tidur. Banyak kegiatan yang bisa Ayah lakukan dengan si kecil sebelum terlelap, seperti membacakan dongeng, memberikan susu kepada si kecil, atau hanya sekedar berpelukan sambil bercanda di atas kasur. Sebaiknya jadikan hal ini kebiasaan setiap harinya, sehingga si kecil akan senantiasa menantikan waktu sebelum tidur karena dapat bermain dengan sang Ayah.
  4. Jaga malam
    Ambil alih tugas Bunda untuk terbangun di malam hari ketika si kecil menangis. Selain memberikan Bunda waktu istirahat yang cukup, hal ini juga dapat menjadi momen bonding antara Ayah dengan si kecil.
  5. Luangkan waktu ketika weekend
    Usahakan minimal seminggu sekali saat weekend, Ayah meluangkan waktu antara 5-8 jam untuk berkegiatan bersama si kecil. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, seperti pergi berdua berkeliling kompleks, olahraga, membuat kerajinan tangan, menonton film favorit, dan masih banyak lagi. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu Ayah menggantikan momen bonding dengan si kecil yang terlewat akibat sibuknya pekerjaan ketika weekdays.

Hubungan kedekatan antara Ayah dan si kecil sangatlah penting, karena anak butuh peranan Ayah dan Bunda yang sama-sama besar dalam kesehariannya. Selain membuat bonding semakin erat, quality time Ayah dan si kecil akan memberikan Bunda waktu me time atau istirahat sejenak dari lelahnya mengurus pekerjaan rumah seharian.

Jadi, kegiatan favorit apa yang biasa Ayah lakukan untuk bonding dengan si kecil?

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn