fbpx

Ingin Pergi dengan Si Kecil? Pastikan Barang-barang Ini Tidak Ketinggalan ya!

Tahukah Bunda? Ternyata Bunda sudah dapat mengajak si kecil bepergian setelah usia 40 hari, karena daya tahan tubuhnya sudah mulai meningkat. Tapi pastikan sebelum bepergian, Bunda telah menyiapkan segala macam barang kebutuhan si kecil dengan lengkap ya!

Ingin mengajak si kecil bepergian dalam waktu dekat? Meskipun terdengar menyenangkan, salah satu hal penting yang perlu Bunda persiapkan terlebih dulu sebelum bepergian dengan si kecil adalah menyiapkan semua kebutuhannya. Berbeda dengan orang dewasa yang cenderung lebih praktis, barang-barang si kecil sangatlah banyak. Rasanya Bunda ingin membawa semua barang, dan sepertinya satu tas besar saja tidak akan cukup.

Agar Bunda tidak pusing dan bingung dengan barang bawaan yang begitu banyak, inilah sekiranya barang yang perlu dipersiapkan.

  1. Pakaian ganti
    Hal utama yang harus dipersiapkan dan diperhitungkan adalah pakaian ganti untuk si kecil. Sesuaikan jumlah pakaian ganti si kecil dengan lamanya waktu bepergian. Bunda dapat menghitung jumlah pakaian yang dibutuhkan dengan mengasumsikan si kecil berganti pakaian setiap 4 jam sekali.
    Selain itu, sesuaikan juga jenis pakaian yang dibawa dengan tempat tujuannya. Apabila Bunda pergi ke tempat yang dingin, maka persiapkan pakaian panjang, kaos kaki, selimut dengan jumlah yang banyak. Begitu pula sebaiknya, apabila Bunda pergi ke tempat yang panas, maka persiapkan baju dan celana pendek dalam jumlah yang banyak.
  2. Popok
    Selain pakaian ganti, hitung juga pemakaian popok si kecil. Bunda dapat memperkirakan jumlah popok yang dibawa dengan estimasi bayi berganti popok setiap 2 jam sekali. Kemudian hitung juga jumlah popok cadangan yang kira-kira dibutuhkan.
  3. Tisu basah dan kering
    Meskipun terdengar sepele, tapi tisu basah dan kering termasuk barang essential yang harus dibawa ketika bepergian dengan si kecil. Fungsi dari barang ini adalah untuk berjaga-jaga apabila si kecil tiba-tiba buang air kecil atau besar di tempat yang susah air. Selain itu, tisu ini akan sangat membantu Bunda ketika harus membersihkan badan si kecil dari keringat, sehingga badannya terasa fresh kembali.
  4. Alas bayi
    Alas bayi, atau biasa dikenal dengan perlak, juga termasuk barang penting yang harus dibawa karena akan sangat berguna ketika menggantikan popok atau baju si kecil, sehingga tidak meninggalkan noda pada kursi mobil atau tempat lainnya.
  5. Obat-obatan
    Sangat penting bagi Bunda agar membawa obat-obatan yang mungkin saja dibutuhkan si kecil. Jenis obat-obatan yang sebaiknya dibawa, seperti obat luka atau antiseptik, krim ruam popok, obat diare, obat penurun panas, obat khusus apabila si kecil terdapat penyakit jenis tertentu, dan krim anti nyamuk Bebe Roosie Bugs Repellent untuk melindungi si kecil dari gigitan nyamuk.
  6. Snack dan mainan
    Hal terakhir yang perlu Bunda persiapkan juga adalah snack dan mainan si kecil. Bawa camilan kesukaan si kecil untuk menemaninya selama perjalanan agar tidak mudah merasa lapar. Camilan ini juga sangat akan membantu Bunda dalam mengurangi rasa lelah akibat terlalu sering memberikan ASI kepada si kecil.
    Selain itu, bawa juga beberapa mainan kesayangannya agar si kecil tidak cepat bosan. Pilih mainan yang berukuran kecil, sehingga mudah disimpan dan dibawa kemanapun.

Sekali lagi, kebutuhan setiap bayi tentu saja berbeda-beda. Jadi, bisa saja Bunda menambah barang bawaan selain list di atas. Sangat disarankan agar Bunda menyiapkan barang si kecil jauh-jauh hari sebelum hari bepergian tiba. Hal ini untuk menghindari adanya barang yang tertinggal atau terlupa.

Selain barang-barang kebutuhan, persiapkan juga kesehatan dan mood si kecil ketika diajak pergi bersama. Jangan sampai si kecil sedang dalam kondisi badan yang tidak baik ketika hari H.

Have fun, Bunda!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn