fbpx

Daftar Skincare WAJIB untuk Si Kecil

Bayi lahir dengan kondisi kulit yang lembut dan halus, akan tetapi sangat sensitif. Sehingga, Bunda harus memilih produk perawatan kulit yang tepat digunakan oleh si kecil.

Kulit bayi sangat berbeda dengan orang dewasa dalam banyak hal. Kulit bayi lebih tipis dan sangat elastis, namun sangat rentan terjadi iritasi.

Oleh karena itu, pencarian produk perawatan kulit yang cocok untuk si kecil itu gampang-gampang susah. Ada bayi yang memiliki kulit sangat sensitif sehingga orang tuanya harus sangat berhati-hati dalam memilih produk skincare bayi. Namun sebaliknya, ada bayi yang cocok menggunakan produk skincare bayi apapun tanpa terjadi reaksi yang bermasalah di kulit.

Membeli produk perawatan kulit bayi merupakan hal yang cukup membingungkan, karena ada beragam produk yang tersedia. Mulai dari pelembab sampai krim ruam popok, berikut ini daftar skincare untuk bayi yang perlu Bunda persiapkan:

Hair and body wash

Biasanya shampoo dan sabun bayi tersedia dalam satu produk, sehingga Bunda tidak perlu ribet membeli dua produk yang berbeda. Saat memilih hair and body wash, sebaiknya pilih produk yang tidak berbusa, tidak pedih di mata, bebas paraben, dan

Produk hair and body wash yang mengandung banyak busa dapat menyebabkan kulit si kecil menjadi kering. Kemudian hindari produk yang pedih di mata, karena mata bayi belum memiliki refleks yang kuat. Selain itu, pastikan bahwa produk yang dipilih juga bebas paraben sehingga aman digunakan di kulit bayi. Terakhir pastikan adanya klaim hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan iritasi atau reaksi alergi apapun pada kulit yang sensitif.

Krim pelembap

Kulit bayi memang lebih mudah kering daripada kulit orang dewasa. Kondisi kulit yang kering dapat menimbulkan iritasi. Jadi, Bunda memerlukan pelembap untuk menjaga agar kulit si kecil tetap lembap dan terhindar dari iritasi. Sangat disarankan mengoleskan krim pelembap sesaat setelah si kecil mandi supaya lebih cepat terserap ke dalam kulit.

Baby oil

Apabila kulit si kecil tidak cocok menggunakan krim pelembap, maka baby oil merupakan alternatif pilihan. Baby oil juga dapat digunakan untuk menghilangkan kerak pada kulit kepala bayi. Aplikasikan baby oil ke kulit kepala bayi selama 30 menit sebelum mandi, kemudian bilas saat mandi.

Minyak telon

Fungsi utama dari minyak telon, yaitu memberikan kehangatan dan mencegah terkena gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Selain itu, minyak telon juga dapat meredakan masuk angin dan perut kembung pada si kecil. Apabila Bunda bosan dengan pilihan minyak telon yang itu-itu saja, Bunda dapat mencoba inovasi terbaru, yaitu Bebe Roosie Telon Cream. Meski dalam bentuk krim, namun tentu tak kalah hangat dengan minyak telon lainnya. Bebe Roosie Telon Cream juga memiliki kandungan minyak zaitun, sehingga dapat melembapkan kulit si kecil. Telon cream ini tentu saja lebih praktis, terutama untuk dibawa ketika Bunda sedang bepergian.

Krim anti ruam

Produk skincare yang satu ini berfungsi mengobati ruam popok yang umum terjadi pada bayi. Penyebab utama ruam popok dikarenakan area pantat dan selangkangan bayi selalu lembap akibat tertutup rapat. Supaya ruam popok tidak semakin parah, Bunda sebaiknya disiplin mengganti popok bayi dengan maksimal penggunaan 4-5 jam. Meskipun mungkin pipis si kecil tidak banyak, tapi area pantat dan selangkangan si kecil tetap berkeringat akibat tertutup popok. Oleh karena itu, Bunda harus memastikan area tersebut rajin dibersihkan dan dikeringkan, kemudian oleskan krim anti ruam setiap mengganti popok si kecil untuk mengobati dan mencegah timbulnya ruam popok yang baru.

Sunscreen

Sama seperti Bunda, ternyata si kecil juga membutuhkan produk sunscreen agar kulitnya terlindungi dari efek buruk sinar matahari. Akan tetapi, produk ini tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah usia 6 bulan ya. Sebaiknya oleskan sunscreen kepada si kecil ketika akan pergi jalan-jalan atau melakukan aktivitas outdoor.

Bunda dapat membeli enam produk di atas guna merawat kulit si kecil agar tumbuh dengan kulit yang sehat. Namun, sebelum membeli sangat disarankan agar Bunda melihat kandungan yang ada terlebih dulu supaya memastikan bahwa produk yang dipilih aman bila digunakan si kecil. Selain itu, sebaiknya Bunda juga menghindari produk dengan kandungan deterjen dan pewangi agar tak menimbulkan iritasi di kulit si kecil.

Jadi, produk skincare apa yang menjadi favorit si kecil?

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn