fbpx

Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak pada Golden Age

Ketika berusia 0 sampai 5 tahun, si kecil akan melalui fase golden age. Fase golden age merupakan saat-saat penting bagi si kecil untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Ayah Bunda untuk selalu mendampingi dan memperhatikan setiap detail pertumbuhan si kecil.

Fase golden age merupakan periode emas bagi tumbuh kembang si kecil, karena pada masa tersebut masa perkembangan si kecil sangatlah pesat. Pada fase ini si kecil dapat belajar dan mengingat hal baru dengan cepat. Selain itu, si kecil juga mulai menemukan ketertarikannya terhadap sesuatu yang dapat Ayah Bunda kembangkan sebagai bekal di masa depan. Kemudian kecerdasan orang dewasa baru akan terbentuk sekitar 50% di usia 4 tahun. Sebelum fase golden age si kecil berakhir, sebaiknya Ayah dan Bunda memanfaatkan fase ini semaksimal mungkin.

Beberapa hal yang dapat Ayah Bunda lakukan saat masa golden age, yaitu merangsang motorik si kecil, mengasah kecerdasan dan kreativitasnya, mengenali potensi dan bakatnya, serta masih banyak lagi. Inilah cara yang bisa dilakukan untuk optimalkan tumbuh kembang si kecil saat golden age:

  • Melakukan stimulasi dengan tepat
    Ayah Bunda perlu memberikan stimulasi dengan tepat pada tiap tahapan tumbuh kembang si kecil, seperti rangsangan motorik kasar dan halus. Tujuannya agar si kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat, cerdas, kreatif, mandiri, memiliki kemampuan sosial dengan baik.
  • Bermain sambil belajar
    Si kecil cenderung dapat lebih cepat menangkap suatu hal baru di masa golden age dengan bermain. Hal itu dikarenakan bermain dapat mempengaruhi suasana hati si kecil menjadi happy, sehingga otak mampu menyerap banyak hal dengan lebih optimal. Selain itu, saat bermain si kecil dapat belajar tentang cara mengatasi konflik, manajemen waktu, kosakata baru, dan bersosialisasi dengan orang lain.
  • Mengenali potensi si kecil
    Sebaiknya Ayah dan Bunda perlu mengenali potensi si kecil sejak usia dini agar dapat memberikan dukungan secara maksimal. Selain itu, Ayah dan Bunda dapat mengarahkan potensi yang ada untuk diasah dan dikembangkan agar menjadi sebuah keterampilan yang bernilai di masa depan.
  • Memenuhi asupan nutrisi
    Salah satu hal terpenting selama fase golden age adalah memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh si kecil. Ayah dan Bunda perlu memastikan bahwa kebutuhan nutrisi harian si kecil sudah terpenuhi dengan baik, seperti makan makanan gizi seimbang, minum susu formula berkualitas baik, atau suplemen tambahan apabila diperlukan. Asupan bernutrisi akan membantu otak dan tubuh mengalami tumbuh kembang secara optimal.
  • Mendaftar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
    Apabila Ayah dan Bunda sama-sama memiliki kesibukan tinggi, sehingga waktu memerhatikan tumbuh kembang si kecil berkurang mungkin PAUD bisa menjadi alternatif. Sebaiknya pilih lembaga PAUD yang bisa membantu memaksimalkan fungsi motorik, kognitif dan emosi si kecil melalui kegiatan bermain. Selain itu, keuntungan dari mendaftar PAUD adalah si kecil memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dan mengenal anak-anak lain seusianya.

Fase golden age menjadi salah satu fase krusial dalam tumbuh kembang si kecil yang tidak boleh Ayah dan Bunda lewatkan dengan begitu saja. Fase ini menjadi saat yang tepat bagi Ayah Bunda untuk mengajarkan banyak hal yang dapat bermanfaat bagi masa depan si kecil.

Semoga bermanfaat ya!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn