fbpx

Yuk Ketahui Manfaat Penting dari Pijat Bayi

Adanya sentuhan lembut penuh kasih dari Bunda menjadi salah satu faktor penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia. Oleh karena itu, memijat bayi secara rutin termasuk cara memberikan yang terbaik untuknya.

Sentuhan menjadi bahasa pertama kita, sehingga memberikan sentuhan lembut kepada bayi dapat membuat dirinya tumbuh menjadi lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Adanya kontak langsung antara Bunda dengan bayi dapat membantu menenangkan si kecil dan membentuk suatu ikatan yang dekat secara emosional, atau biasa disebut dengan bonding.

Pijat bayi bisa menjadi salah satu kegiatan bonding karena adanya sentuhan lembut secara langsung antara Bunda dan si kecil. Selain itu, pijat bayi sudah dilakukan sejak lama oleh orang tua kita, dan akhirnya menjadi suatu kebiasaan turun-temurun.

Biasanya pijat bayi dilakukan setelah si kecil mandi, atau sesaat sebelum si kecil tertidur lelap. Bunda dapat memijat si kecil sendiri, atau memanggil tukang pijat khusus bayi. Saat ini pijat bayi pun juga sudah dikemas lebih modern yang biasa kita sebut dengan baby spa.

Selain bonding, pijat bayi memiliki banyak manfaat positif lainnya bagi si kecil:

  • Melancarkan sirkulasi darah
    Tekanan pada anggota tubuh tertentu yang sedang dipijat dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar berfungsi untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi dengan baik bagi tubuh.

  • Membuat bayi lebih tenang dan rileks
    Pijat bayi dapat memproduksi lebih banyak hormon endorfin dan serotonin yang dapat membuat si kecil merasa tenang, nyaman dan rileks. Selain itu, kedua hormon ini juga membantu mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman pada tubuh si kecil.
  • Tidur lebih nyenyak dan teratur
    Saat si kecil merasa rileks, maka akan berpengaruh pada tidurnya yang lebih nyenyak. Penting bagi pertumbuhan si kecil untuk tertidur lelap dan bangun dalam keadaan segar.
    Pijatan bayi juga dapat membuat siklus tidurnya menjadi lebih teratur. Hal ini dikarenakan ketika bayi rutin dipijat maka secara alami tubuh akan memproduksi hormon melatonin ketika hari mulai gelap. Hormon melatonin ini menyebabkan tubuh mengantuk.
  • Meningkatkan nafsu makan
    Setelah dipijat si kecil akan mengalami peningkatan kadar enzim penyerapan dan insulin yang berguna menyerap sari-sari makanan dengan lebih baik. Peningkatan tersebut membuat si kecil lebih cepat lapar, sehingga meningkatkan nafsu makan.
  • Melancarkan pencernaan
    Salah satu penyebab si kecil rewel bisa dikarenakan gangguan pencernaan, seperti perut kembung, kolik, sembelit, dsb. Pijat bayi dapat membuat pencernaan si kecil terasa lebih nyaman.

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pijat bayi memiliki banyak sekali manfaat bagi si kecil. Akan tetapi, bagaimana cara memberikan pijatan yang lembut dan nyaman untuk si kecil?

  1. Bangun suasana yang menyenangkan sebelum sesi pijat dimulai dengan cara meluangkan waktu sedikit untuk mengajak bicara si kecil, bermain, dan bercanda dengan tujuan agar bayi tidak rewel saat dipijat.
  2. Tuangkan sedikit Bebe Roosie Minyak Telon atau Bebe Roosie Telon Cream pada kedua telapak tangan Bunda dan gosok-gosok terlebih dulu untuk menyalurkan panas tubuh.
    Sebaiknya pastikan terlebih dulu bahwa minyak/krim telon yang digunakan aman, dibuat dari bahan-bahan alami, memiliki wangi yang nyaman, dan tidak menimbulkan iritasi, seperti Bebe Roosie Minyak Telon dan Bebe Roosie Telon Cream.
  3. Pijatlah si kecil dengan lembut dan berhati-hati. Pijatan yang terlalu kuat dengan gerakan yang kasar akan menyakiti si kecil.
  4. Lakukan gerakan pijat dari tengah anggota tubuh ke luar, seperti bagian paha ke telapak kaki, atau bagian pundak ke telapak tangan. Bunda dapat melakukan pengulangan pada gerakan memijat sampai si kecil terlihat rileks.
    Banyak gerakan yang bisa Bunda lakukan saat memijat si kecil. Gerakan-gerakan pijat tersebut dapat Bunda pelajari dengan mengikuti kelas pijat bayi.
  5. Perhatikan tanda-tanda dari si kecil. Apabila si kecil sudah terlihat rileks dan mengantuk, Bunda dapat menyudahi sesi pijat tersebut.

Sentuhan yang Bunda berikan selama memijat akan membentuk ikatan emosional yang semakin kuat dengan si kecil. Jadi, pijat bayi merupakan bentuk ungkapan kasih sayang yang memiliki manfaat bagi pertumbuhannya.

Selamat mencoba ya Bunda!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn