fbpx

Kenali Rahasia 5 Manfaat Olive Oil untuk Si Kecil

Olive oil adalah salah satu minyak yang paling sering digunakan dalam keseharian karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi si kecil. Apa saja manfaat olive oil untuk sang buah hati?

Olive oil, atau biasa dikenal dengan minyak zaitun, diketahui memiliki banyak khasiat untuk mencegah beberapa penyakit ringan hingga berat, seperti kanker dan stroke. Selain itu, olive oil juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh. Tidak hanya dapat digunakan pada orang dewasa, ternyata olive oil juga baik untuk bayi.

Bunda dapat memberikan olive oil untuk perawatan si kecil, mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga pencernaan. Inilah beberapa manfaat dari olive oil bagi si kecil:

Menambah nutrisi

Pada satu sendok olive oil memiliki kandungan 119 kalori, 13.5g lemak total, 1.9g lemak jenuh, 1.4g asam lemak tak jenuh ganda, dan 9.9g asam lemak tak jenuh tunggal. Meskipun kelihatannya hanya terdiri dari lemak, namun olive oil mengandung lemak yang baik bagi bayi. Bunda dapat menambahkan olive oil dalam makanan si kecil ketika sudah berusia lebih dari 6 bulan, tentu saja dengan takaran yang sesuai anjuran dokter.

Mengatasi kulit kepala kering

Sering kita menemukan kulit kepala kering pada bayi, atau sering disebut cradle cap. Hal ini disebabkan adanya peradangan kulit kepala yang kemudian mengering dan mengelupas. Oleskan olive oil sebelum mandi, kemudian berikan pijatan lembut, dan biarkan selama 30 menit. Saat mandi bilas menggunakan air hangat agar lapisan kulit kepala yang mengering dapat lepas dengan mudah.

Meredakan sembelit

Sembelit adalah permasalahan yang biasa terjadi pada si kecil. Saat sembelit, si kecil akan merasa tidak nyaman dan gelisah karena perut terasa penuh disertai kembung. Bebe Roosie minyak telon dapat menjadi salah satu solusi alami dalam mengatasi sembelit dan perut kembung si kecil. Oleskan Bebe Roosie minyak telon di area sekitar perut si kecil, kemudian berikan pijatan lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan gas dalam sistem pencernaan. Adanya kandungan olive oil pada Bebe Roosie minyak telon membantu meredakan perut kembung dan sembelit, serta mampu menghangatkan tubuh sehingga si kecil dapat tidur dengan lelap.

Membantu atasi ruam popok

Apabila si kecil sedang terkena ruam popok, Bunda dapat menggunakan olive oil untuk membantu mengatasinya. Campurkan dua sendok makan olive oil dengan satu sendok makan air, kemudian oleskan campuran ini pada area ruam. Jika dalam waktu seminggu ruam belum membaik atau justru semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Meredakan batuk

Ketika si kecil batuk, ASI merupakan salah satu obat alami yang paling dianjurkan karena ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Akan tetapi, ternyata selain ASI, olive oil dapat membantu meredakan batuk. Caranya dengan mencampurkan olive oil sebanyak 3-4 tetes dengan 2-3 tetes minyak kayu putih, minyak peppermint, dan rosemary. Gunakan campuran tersebut untuk memijat bayi di area dada dan punggung sebelum tidur. Cara ini dapat membantu meredakan batuk dan membuat si kecil tertidur dengan nyenyak.

Banyak manfaat yang dapat si kecil rasakan dari olive oil. Apakah Bunda sudah tertarik menggunakan olive oil untuk perawatan dan keseharian si kecil? Dikarenakan merupakan bahan alami, olive oil cenderung aman digunakan baik oleh orang dewasa hingga bayi. Namun, tentu saja penggunaan olive oil pada si kecil tetap harus dikonsultasikan dan dalam pengawasan dokter terlebih dulu.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di:

Foodhall