fbpx

Aneka Ragam Permainan Bayi Usia 0-3 Bulan

Saat bayi baru lahir, sebagai orang tua pasti sudah tidak sabar membayangkan si kecil tumbuh besar agar dapat bermain bersama kita. Akan tetapi meskipun masih sangat kecil, sebenarnya bayi sudah dapat diajak bermain sejak usia 0-3 bulan loh.

Pada bayi usia 0-3 bulan kegiatan bermain bersama Ayah dan Bunda merupakan cara untuk menstimulasi kelima indranya. Selain panca indra, permainan-permainan tersebut ternyata juga berfungsi penting dalam perkembangan otak si kecil, sehingga dapat membentuk pikiran, perasaan dan tingkah laku bayi.

Akan tetapi, kira-kira permainan apa saja yang aman dan bisa dilakukan dengan bayi usia 0-3 bulan?

  1. Bermain suara
    Bayi cenderung sangat sensitif terhadap berbagai macam suara terutama suara dengan nada tinggi. Hal ini menyebabkan bayi sering terkejut saat tertidur, karena sebenarnya si kecil sedang merespon suara yang terdengar.
    Ayah Bunda dapat mengajak bayi bermain dengan mengenalkan aneka ragam suara, seperti suara burung, ayam, kucing, bel, dan sebagainya. Selain itu, sangat disarankan untuk sering berbicara dengan si kecil agar dia familiar dan dapat mengenali suara Ayah Bunda-nya. Apabila ingin membelikan mainan, sebaiknya pilih mainan yang menimbulkan suara ketika digerakkan.
  2. Tekstur
    Selain suara, salah satu yang perlu dikenalkan pada bayi adalah tekstur. Permainan mengenal tekstur dapat membantu menstimulasi indra peraba si kecil. Pilih benda dengan tekstur yang lembut dan berbeda-beda, seperti wol, beludru, katun, dan sebagainya. Biarkan benda tersebut digenggam dan dieksplor oleh si kecil.
  3. Peluk dan cium

    Peluk dan cium bisa menjadi salah satu kegiatan bermain dengan si kecil. Ayah Bunda dapat melakukannya sambil mengayun-ayunkan si kecil dengan lembut ke depan dan belakang. Kemudian beri ciuman secara bergantian di bagian tubuh si kecil, seperti kepala, hidung, jari, perut dan bagian lainnya.
  4. Berlatih fokus
    Memasuki usia sekitar 1 bulan, penglihatan si kecil sudah fokus pada jarak sekitar 20-30cm. Gantungkan bola dengan warna-warna mencolok yang beraneka ragam di atas si kecil, sesuai dengan jarak pandangnya untuk melatih fokus si kecil. Biarkan si kecil memerhatikan bola yang tergantung di atasnya, kemudian perlahan-lahan dia akan berusaha untuk meraih bola tersebut.
  5. Bermain jari
    Ajak si kecil bermain menggerakkan jari-jari untuk membantunya mengeksplorasi apa saja yang bisa dilakukan. Gerakkan jari si kecil untuk menyentuh bagian-bagian tubuh sambil menyebutkan nama bagian tubuh tersebut. Kemudian bantu si kecil agar dapat menggerakkan jarinya menjadi bentuk V, kelinci, atau mekar kuncup. Lakukan gerakan ini sambil bernyanyi agar si kecil semakin terhibur.

Banyak sekali permainan yang bisa dilakukan oleh Ayah Bunda dengan bayi usia 0-3 bulan, meskipun hanya permainan sederhana. Walaupun usia bayi masih sangat kecil, tapi kegiatan bermain ternyata juga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Selain itu, kegiatan bermain ini juga dapat mendekatkan Ayah Bunda dengan si kecil secara emosional.

Yuk, jangan lupa ajak bermain si kecil mulai hari ini!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn