fbpx

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Digigit Serangga

Eksplor di luar ruangan tentu saja memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Beberapa manfaat diantaranya adalah motorik kasarnya dapat terasah, menghirup udara segar, dan melatih kemampuannya bersosialisasi dengan orang lain. Akan tetapi, terdapat beberapa resiko bagi si kecil dengan beraktivitas di luar ruangan, seperti terluka atau digigit serangga. Jadi, bagaimana mengatasinya?

Menemani si kecil bermain di taman dapat menjadi salah satu kegiatan alternatif di saat pandemi seperti sekarang ini. Bunda cukup mencari taman yang lumayan sepi, kemudian bebaskan si kecil untuk bermain dan berlarian kesana kemari. Namun digigit serangga menjadi salah satu resiko ketika si kecil berada di taman.

Serangga dapat kita temukan di mana saja, mulai dari rumah, taman, kebun, bahkan kolam renang yang terdapat banyak air. Oleh karena itu, gigitan serangga merupakan sesuatu yang sulit Bunda cegah. Akan tetapi Bunda tidak perlu panik apabila si kecil terkena gigitan serangga dan segera lakukan pertolongan pertama berikut ini:

  1. Cuci bekas gigitan
    Segera cuci bekas gigitan serangga pada kulit si kecil menggunakan sabun tanpa pewangi , atau biasa dikenal dengan mild soap. Selain itu, periksa kembali bahwa tidak ada sungut atau bulu serangga yang masih menempel di kulit.
  2. Kompres
    Setelah mencuci bekas gigitan dengan bersih, segera kompres dengan air es selama 10 – 15 menit. Kompres menggunakan air es berfungsi meredakan gatal dan peradangan. Ulangi selama beberapa kali apabila diperlukan, tergantung seberapa parah gigitan tersebut.
  3. Tidak menggaruk
    Ingatkan si kecil agar tidak menggaruk bekas gigitan serangga ya Bunda untuk mencegah terjadinya infeksi. Apabila bekas gigitan serangga digaruk secara sembarangan dapat menyebabkan area peradangan meluas dan menyebar.
  4. Oleskan losion pereda gatal
    Bunda dapat mengoleskan losion pereda gatal pada area yang digigit serangga untuk meredakan peradangan, seperti Bebe Roosie Bugs Repellent. Losion ini berfungsi mencegah bayi dari gigitan serangga, memudarkan bekas gigitan serangga, dan mengurangi iritasi kulit akibat gigitan serangga.
  5. Konsultasi dengan dokter
    Apabila terdapat keluhan yang mengganggu setelah digigit serangga, seperti timbul demam, bengkak atau nyeri, segera konsultasikan dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan keluhan dan usia si kecil.

Meskipun terkena gigitan  ada resiko tergigit serangga saat bermain di taman, jangan sampai hal tersebut membatasi si kecil terus eksplor di luar ruangan ya! Bunda dapat mengoleskan losion Bebe Roosie Bugs Repellent untuk mencegah si kecil digigit serangga.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di:

Foodhall