fbpx

Mari Atasi Bosan Si Kecil dengan Bermain di Halaman Rumah

Pandemi Covid19 sudah berlangsung selama lebih dari setahun, namun belum ada tanda-tanda akan berakhir. Tidak hanya orang dewasa yang mulai bosan berada di rumah saja, tapi si kecil juga sudah mulai bosan. Oleh karena itu, Bunda dituntut semakin kreatif mengatasi kebosanan si kecil.

Harus selalu berada di rumah dalam waktu lama, bahkan bermain bersama teman seusia pun tak bisa, tentu saja menyebabkan si kecil merasa bosan. Biarpun kondisi saat ini belum cukup aman untuk pergi meninggalkan rumah, tapi Bunda juga tidak bisa mengabaikan kebahagiaan si kecil.

Bagi anak usia dini, bermain merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Hal ini dikarenakan si kecil masih dalam fase eksplor dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan lingkungan sekitar. Sehingga, sesekali Bunda dapat mengajak si kecil bermain di luar rumah. Halaman depan rumah bisa menjadi tempat bermain di luar ruangan yang aman dan masih dalam pantauan Bunda, terutama dengan kondisi saat ini. Ketahui aneka permainan yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil di halaman rumah:

Tangkap Bola

Permainan tangkap bola bisa menjadi salah satu pilihan permainan simple yang paling mudah dimainkan di halaman rumah. Bunda cukup melempar dan menangkap bola secara bergantian dengan si kecil. Melalui permainan ini si kecil mengasah kemampuan motorik kasar dengan melempar, berlari dan menangkap bola.

Piknik

Penat selama berada di rumah saja, mungkin piknik bisa menjadi solusi. Tak perlu mencari tempat yang terlalu jauh karena piknik di halaman rumah pun bisa dilakukan bersama si kecil. Cukup siapkan alas duduk, beberapa makanan dan cemilan kesukaan, serta mainan si kecil agar tidak bosan. Sambil menikmati suasana halaman rumah, Bunda dapat membacakan buku cerita atau mengajak si kecil bermain bersama.

Berenang di kolam plastik

Supaya aktivitas bermain di halaman rumah semakin seru, Bunda dapat menghadirkan kolam plastik supaya si kecil dapat bermain air. Meskipun ukuran kolam tidak sebesar kolam renang yang sesungguhnya, namun si kecil pasti tetap merasa senang dan bersemangat. Tambahkan aneka macam mainan air di dalam kolam untuk menambah keceriaan si kecil.

Olahraga

Kira-kira olahraga apa yang bisa dilakukan bersama si kecil? Banyak Bunda! Bunda dapat mengajak si kecil senam dengan mengikuti gerakan di youtube, yoga bersama, atau hanya sekadar berlarian di halaman rumah. Manfaat dari berolahraga adalah tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat memunculkan perasaan bahagia, sehingga si kecil tetap merasa senang meskipun terus berada di rumah saja.

Permainan tradisional

Bunda dapat mengajak si kecil memainkan aneka permainan tradisional, seperti lompat tali, kelereng, bola bekel, bentengan, dsb. Meskipun ini adalah aneka macam permainan jaman dulu, namun masih seru dimainkan di masa sekarang. Melalui permainan tradisional, Bunda tidak hanya sekedar bermain dengan si kecil, tapi juga mengenalkan permainan khas Indonesia yang saat ini jarang dikenal oleh anak-anak.

Meniti balok

Permainan meniti balok memiliki fungsi melatih keseimbangan si kecil, sehingga si kecil tidak hanya sekedar bermain namun juga melatih fisik dan konsentrasi. Bunda cukup menyiapkan balok dengan lebar sempit di halaman rumah. Sebelum bermain, pastikan halaman rumah aman untuk berjaga-jaga apabila si kecil terjatuh tidak menyebabkan luka parah dan terlalu sakit. Saat si kecil bermain meniti balok pertama kali, Bunda boleh membantu memegangi tangannya terlebih dulu sampai akhirnya si kecil dapat melakukannya sendiri.

Semua ide permainan di atas mengasyikan, bukan? Bermain di halaman rumah akan membantu menghibur si kecil dalam mengatasi kebosanannya selama berada di rumah saja. Tapi bermain di halaman rumah tentu saja ada resikonya, contoh: si kecil terluka akibat jatuh atau terkena gigitan nyamuk. Oleh karena itu, disarankan agar Bunda selalu sedia P3K untuk berjaga-jaga jika si kecil mengalami luka ringan saat bermain.

Bunda juga sebaiknya menyediakan Bebe Roosie Bugs Repellent untuk mencegah si kecil terkena gigitan nyamuk, memudarkan gigitan nyamuk dan mengurangi iritasi kulit jika sudah terlanjur digigit nyamuk. Adanya kandungan Aloe Vera dan Olive Oil membuat Bebe Roosie Bugs Repellent memberikan efek calming, serta lembut di kulit si kecil. Bebe Roosie Bugs Repellent juga aman digunakan oleh newborn baby loh!

Jadi, permainan apa yang ingin Bunda coba bersama si kecil di halaman rumah?

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di:

Foodhall