fbpx

8 Cara Bayi Tidur Lelap Semalaman

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”, begitu kata Bang Rhoma Irama. Tapi sebagai orang tua baru dengan anak bayi, begadang justru menjadi suatu rutinitas baru. Bisa dibilang apabila bayi tidak begadang justru menjadi berkah yang luar biasa bagi para orang tua. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena ada beberapa trik agar si kecil terlelap sepanjang malam.

Begadang sebenarnya adalah sesuatu yang wajar terjadi pada bayi, karena bayi belum bisa membedakan siang dan malam hari. Hal ini menyebabkan pola tidur bayi menjadi tidak teratur dan waktu istirahat Bunda di malam hari juga terganggu.

Idealnya newborn baby pada usia 0-3 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 14-17 jam sehari. Saat usia 4-11 bulan total waktu tidur berubah menjadi 12-15 jam sehari. Semakin bertambah usia bayi, maka kebutuhan waktu tidurnya akan berkurang dan semakin teratur.

Ketika memasuki usia 2 bulan, Bunda sudah dapat mengatur pola tidur si kecil agar tidak begadang, sehingga tidurnya menjadi lebih berkualitas. Ada beberapa trik anti begadang yang bisa Bunda lakukan.

  1. Ajak si kecil aktif di siang hari
    Salah satu penyebab si kecil susah tidur di malam hari karena ketika siang sudah terlalu banyak tertidur lelap. Hal ini menyebabkan tenaga si kecil tidak terbuang di siang hari, sehingga justru si kecil bersemangat di malam hari. Oleh karena itu, ajak si kecil bermain agar lebih aktif di siang hari, sehingga ketika malam datang, si kecil akan merasa lelah dan mengantuk.
  2. Buat rutinitas sebelum tidur
    Bunda dapat membuat rutinitas yang menjadi pertanda bagi si kecil bahwa telah memasuki waktu tidur, seperti memandikan bayi, mengganti pakaian, membaca buku cerita, atau berdoa sebelum tidur. Lakukan rutinitas ini secara disiplin dan konsisten. Adanya rutinitas ini membuat si kecil tidur dalam keadaan nyaman dan perasaan tenang, sehingga tidur menjadi lebih lelap.
  3. Berikan pijatan lembut
    Apabila si kecil rewel dan menangis sebelum tidur, berikan pijatan-pijatan lembut pada kaki, tangan dan perut agar si kecil merasa nyaman. Seperti yang pernah ditulis di sini, banyak sekali manfaat dari pijat bayi untuk si kecil, sehingga Bunda dapat melakukannya secara rutin sebelum tidur. Gunakan Bebe Roosie Telon Cream saat memijat untuk memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh si kecil. Selain itu, terdapat kandungan minyak zaitun pada Bebe Roosie Telon Cream yang berfungsi untuk melembabkan dan meredakan iritasi pada kulit bayi. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya Bunda!
  4. Atur penerangan
    Ketika memasuki jam tidur, sebaiknya redupkan lampu kamar untuk membuat suasana kamar menjadi lebih rileks sehingga menimbulkan efek mengantuk pada si kecil. Lampu kamar yang redup juga membantu si kecil belajar membedakan siang dan malam.
  5. Susui bayi
    Apabila semua cara di atas sudah Bunda lakukan, tapi si kecil masih belum bisa tertidur lelap maka susui sebelum tidur. Si kecil bisa saja susah tidur dikarenakan merasa lapar. Menyusui bayi sebelum tidur bermanfaat untuk memberikan perasaan aman dan tenang sehingga si kecil dapat tertidur lebih lelap.

Banyak sekali penyebab si kecil susah tidur di malam hari, seperti lapar, popok basah, badan terlalu lelah, dan sebagainya. Kunci penting agar si kecil tertidur lelap adalah kenyang dan merasa nyaman. Perlu Bunda ketahui, tidur lelap sangat penting untuk pertumbuhan si kecil, jadi usahakan si kecil memiliki jam tidur berkualitas yang cukup ya!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn