fbpx

5 Manfaat Chia Seed bagi Ibu Menyusui

Menyusui merupakan fase umum yang dilalui oleh para Bunda setelah melahirkan. Ketika menyusui, Bunda memerlukan kalori yang cukup besar untuk memproduksi ASI. Agar tubuh tetap bertenaga, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan bernutrisi, salah satunya adalah chia seed.

Tahukah Bunda? Saat menyusui tubuh kita membakar sekitar 200 sampai 500 kalori ekstra setiap harinya. Tentu saja semakin sering Bunda menyusui si kecil, maka akan semakin banyak kalori tubuh yang terbakar. Oleh karena itu, Bunda disarankan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan kalori harian.

Bagi Bunda yang gemar mengonsumsi makanan organik, tentu sudah tidak asing dengan biji chia, atau biasa dikenal dengan chia seed. Biji chia merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Guatemala, dengan nama latin Salvia hispanica. Chia seed menawarkan berbagai macam kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kandungan serat tinggi, asam lemak omega 3, protein, berbagai macam mineral, dan antioksidan. Apabila kita mengonsumsi chia seed secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan memperlancar saluran pencernaan.

Adanya kandungan nutrisi yang tinggi, chia seed sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat digunakan sebagai ASI booster. Namun, apakah hanya itu manfaat chia seed bagi Bunda yang sedang menyusui? Yuk simak artikel ini selengkapnya.

Memenuhi kebutuhan kalori

Seperti yang sudah dituliskan di atas, ketika menyusui Bunda membutuhkan jumlah kalori yang cukup besar untuk memproduksi ASI. Bunda dapat mengonsumsi biji chia untuk memenuhi kebutuhan kalori tersebut, karena dalam dua sendok makan chia seed terdapat 139 kalori.

Kaya serat

Sembelit dan perut kembung biasanya menjadi permasalahan utama pada ibu menyusui, sehingga Bunda memerlukan banyak serat setiap harinya. Secara umum, Bunda membutuhkan 29 gram serat setiap hari saat menyusui. Sedangkan dalam 4 sendok makan biji chia terdapat 11 gram serat. Oleh karena itu, mencampurkan 4 sendok biji chia dalam makanan sudah memenuhi sepertiga kebutuhan serat harian Bunda.

Sumber terbaik asam lemak esensial

Jika dibandingkan dengan semua sumber makanan, chia seed mengandung konsentrasi tertinggi asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat tersalurkan melalui ASI. Asam lemak bermanfaat membantu perkembangan otak dan sistem saraf si kecil.

Meningkatkan imunitas

Ibu menyusui sangat rentan daya tahan tubuhnya menurun karena kondisi fisik yang lelah. Sehingga disarankan Bunda yang sedang menyusui mengonsumsi chia seed karena terdapat antioksidan yang tinggi dan baik membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Sumber kalsium untuk Bunda dan si kecil

Setiap 3 sendok makan biji chia mengandung 268 miligram kalsium, atau hampir setara dengan segelas susu. Kalsium berfungsi meremajakan tulang Bunda setelah kehamilan dan ketika menyusui. Selain itu, kalsium pada chia seed dapat tersalurkan melalui ASI, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan tulang dan gigi pada si kecil.

Biji chia dapat menjadi salah satu sumber asupan penting untuk si kecil dan Bunda yang sedang menyusui. Agar mendapatkan hasil optimal, Bunda harus tahu cara mengolah chia seed dengan baik dan benar. Bunda dapat mencampurkannya ke dalam salad, oat, sup atau jus buah, sehingga terasa nikmat saat disantap. Hindari konsumsi chia seed dalam keadaan kering karena dapat mengakibatkan kerongkongan tersumbat dan mengganggu sistem pencernaan.

Sebelum mengonsumsi chia seed, sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter mengenai takaran konsumsi biji chia yang diperbolehkan setiap harinya. Kemudian apabila Bunda memiliki alergi tertentu juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu sebelum mengonsumsi chia seed.

Selamat mencoba!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di:

Foodhall