fbpx

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil di Pandemi Covid-19

Sudah setahun berlalu dan kita masih mengalami pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya sampai saat ini. Sebagai seorang Bunda, tentu kita berusaha keras untuk melindungi kesehatan keluarga, terutama si kecil.

Meskipun sekeluarga sudah mulai terbiasa dengan protokol kesehatan yang dilakukan selama satu tahun terakhir, namun sebenarnya pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga daya tahan tubuh harus selalu dijaga dalam keadaan prima. Bunda pun perlu memberikan perhatian khusus dalam menjaga daya tahan tubuh si kecil, karena daya tahan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna sehingga rentan terkena penyakit.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tetap prima:

Biasakan makan sayur dan buah

Sebaiknya mulai ajarkan si kecil membiasakan diri makan sayur dan buah secara rutin setiap hari. Buah dan sayuran memiliki vitamin dan mineral yang bermacam-macam penting bagi tubuh si kecil. Oleh karena itu, Bunda disarankan menyajikan kreasi makanan dengan kombinasi aneka sayur dan buah agar si kecil tertarik memakannya dengan perasaan senang dan semangat.

Waktu tidur cukup

Kurang tidur menyebabkan si kecil mudah terserang flu atau berbagai penyakit infeksi lainnya karena imunitas menurun yang diakibatkan tubuh terlalu lelah. Oleh sebab itu porsi tidur si kecil sebaiknya tetap terpenuhi agar imunitas tubuh terjaga dengan baik. Bahkan Bunda dapat meningkatkan waktu tidur anak selama pandemi, karena sel-sel tubuh yang rusak akan beregenerasi menjadi sel-sel baru saat si kecil sedang tertidur. Sebaliknya, jika si kecil kurang tidur, maka tubuh tidak memiliki kesempatan membentuk sel-sel baru. Perlu diketahui, bayi membutuhkan waktu tidur selama 18 jam. Kemudian balita membutuhkan waktu tidur sekitar 12-13 jam. Baru di usia lima tahun ke atas, si kecil membutuhkan 10 jam sehari untuk tidur.

Ajak anak berolahraga dan berjemur

Masa pandemi seperti ini WHO menyarankan olahraga selama 1 jam setiap harinya bagi anak-anak. Membiasakan diri berolahraga setiap hari berguna meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh. Selain itu sambil berolahraga di pagi hari sekitar pukul 09.00, si kecil juga dapat sekaligus berjemur di bawah sinar matahari supaya tubuh menyerap vitamin D dan berbagai macam manfaat lainnya.

Ajarkan kebiasaan hidup bersih

Salah satu kunci penting selama pandemi Covid-19 adalah selalu membiasakan diri hidup bersih. Ajarkan si kecil mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan untuk mencuci tangan sebelum makan, keluar dari kamar mandi, dan setelah beraktivitas di luar rumah. Kemudian jangan lupa selalu sedia hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% jika terpaksa bepergian keluar rumah. Bahkan Bunda dapat membuat aturan di rumah agar mandi setelah beraktivitas di luar rumah dalam jangka waktu yang cukup lama dan bertemu banyak orang.

Konsumsi suplemen vitamin tambahan

Selain makan makanan yang bernutrisi, si kecil sebaiknya mendapatkan suplemen vitamin tambahan jika diperlukan, seperti vitamin C. Suplemen vitamin tambahan berfungsi sebagai immune booster agar tubuh tetap fit. Tapi sebelum memberikan si kecil suplemen vitamin, ada baiknya bila Bunda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak.

Berada di tengah pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah bagi si kecil. Namun Bunda tidak boleh menyerah, justru sebaiknya Bunda mengajarkan aneka macam aturan baru dalam menerapkan new normal supaya si kecil tetap sehat dengan situasi yang seperti ini.

Apabila Bunda memiliki bayi di bawah usia 1 tahun, hindari si kecil bertemu dengan banyak orang terlebih dulu karena imunitas bayi belum terbentuk secara sempurna. Selain itu, usahakan bayi mengonsumsi ASI dengan jumlah yang cukup karena ASI dapat menjaga kesehatan tubuh si kecil.

Tidak ada gejala yang pasti apabila terkena Covid-19, sehingga disarankan supaya Bunda rutin berkonsultasi dengan dokter anak untuk memantau kesehatan si kecil. Namun jika si kecil menunjukan gejala demam, sesak napas, batuk, pilek, tidak dapat mencium bau, diare, atau ruam pada kulit, segera Bunda hubungi dokter agar segera mendapatkan penanganan.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Bebe Roosie tersedia di:

Foodhall